Model Rambut Ala Korea 2013 Terkini

Model Rambut Ala Korea 2013 Terkini

 

 

Model Rambut Ala Korea 2013 Terkini

Bingung menentukan model rambut ala korea yang anda inginkan? Sepertinya anda perlu beberapa referensi mengenai model rambut ala korea terkini yang cukup lengkap,kan.

Nah, untuk itu saya akan berbagi mengenai model rambut ala korea yang tepat  dan lengkap untuk anda semua yang ingin memodel rambut anda bak model rambut ala korea 2013 terkini.

Seperti apakah model rambut ala korea 2013 terkini ? Berikut dibawah ini berupa gambaran mengenai rambut ala korea 2013 terkini, yakni :
  • Long haired beauty


  • Blonde style


  • Dark waves


  • Soft and flowing


  • Sweet in the short hair


  • Highlighted beauty


  • Pretty korean bobYoung Girl Hairstyle


 
Nah, sekian atas referensi mengenai model rambut ala korea 2013 terkini yang telah kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat untuk anda semua,ya.

Jangan lupa ntuk kunjungi artikel kami menarik lainnya di : Model Rambut Ala Korea 2013 Terkini.

Model Rambut Ala Korea 2013 Terkini

9 Tips Cara Merawat Batik

9 Tips Cara Merawat Batik

 

batik, Batik Cocok Dikenakan Oleh Semua Usia, batik indonesia, batik nusantara, Motif Batik dan Filosofi Batik, motif batik, tips, Tips Untuk Cara Merawat Batik,

 

9 Tips Cara Merawat Batik

Untuk cara merawat batik sebenarnya bukanlah sesuatu hal yang sukar seperti apa yang anda bayangkan loh.. Jika tidak percaya silahkan kunjungi artikel yang telah kami bahas sebelumnya dalam artikel kami yang berjudul " Tips Cara Merawat Batik Yang Benar ". Hal tersebut akan kami bahas lebih singkatnya melalui artikel kami yang berjudul " 9 Tips Cara Merawat Batik ".

Bagi anda yang sangat menyukai baju batik. tentu ada wajibnya untuk mengetahui bagaimana cara merawat batik yang benar agar batik kesayangan anda tidak cepat rusak dan luntur. Memang yang perlu kita ketahui batik bukanlah merupakan barang yang langka lagi, namun jika membeli batik kesayangan dengan harga yang mahal, bukanlah sesuatu hal yang mudah di sia-siakan,kan jika batik kesayangan anda bisa rusak?

Untuk itu, kami menyajikan 9 tips cara merawat batik agar menjawab semua kekawatiran anda. Apa sajakah itu?

Sebelumnya, anda perlu berhati - hati untuk merawat batik, karena baju batik bukanlah seperti baju biasa lainnya. Nah, berikut merupakan 9 tips cara merawat batik, yaitu :
  • Jangan menyetrika batik secara langsung
Karena dengan di setrika secara langsung, maka akan mempercepat rusaknya motif batik dan motif warnanya. Untuk itu, rawat batik dengan cara menyetrikanya dengan dilapisi kain diatasnya.
  • Jangan mencuci btik dengan mesin cuci
Apapun alasannya jangan pernah mencuci baju batik dengan mesin cuci karena alasannya tak jauh berbda dengan alasan pertama. Apakah anda mau menyalahkan mesin cuci anda ketika batik kesayangan anda rusak?
  • Mencuci pun juga tidak perlu di kucek terlalu keras
Akan mempercepat eratnya kualitas kain. Hmmm.. percaya gak percaya sih.. karena kain terbuat dari lembaran kapas, maka menurut saya batik terlalu rapuh jika di kucek terlalu semangat alias keras. hehe
  • Jangan menjemur batik bak bule berjemur
Paham,kan maksud saya? Ya!. Batik gak perlu di jemur terlalu di bawah teriknya matahari karena batik kainnya mudah rapuh.
  • Ketika Selesai mencuci batik, jangan latihan otot!
hahaha... Maksud saya disini jangan terlalu di kucek terlalu heboh, cin.. karena batik alasannya kainnya terlalu lembut. Ribet,kan? Udah dicuci gak boleh pake mesin cuci, gak boleh di kucek terlalu kenceng, bahkan di peres juga gak boleh ngotot.. Terus harus diapain dunk?
  • Ini jawabannya rendam saja dengan air hangat
Tuh sudah tahu jawabannya,kan?. Mengapa? karena selain mempermudah untuk menghilangkan noda yang membandel tetapi juga tidak mempermudah batik anda cepat luntur loh.
  • Ada lagi selain itu semua
Jangan deh pake sikat baju. Tar benangnya pada kusut tuh batik. hehehe. Terbukti loh. batik saya,saya cuci pakai sikat baju benangnya pada lepas. Kalau ada yang ingin pakai sikat gigi, silahkan.. Karena belum pernah saya coba. Yang jelas nantinya akan buang waktu sih. hahaha..
  • Disarankan jangan menggunakan kapur barus
Memang sih terkadang memberi lemari kapur barus dapat menjadikan lemari jauh dari bau apek. tapi kalau ada baju batik anda sama saja percuma!. Ngerusak produk kesayangan sendiri alias batik kesayangan anda. nah cara lain untuk menghilangkan bau apek ketika ada batik kesayangan anda,yakni : gunakan merica / bubuk lada dengan dibungkus dari bungkusan tissue. setelah itu taruh di pojok- pojok lemari,ya.
  • Hindari penyemprotan parfum
Bau badan? atau bau bajunya yang kurang cuci dibersihkan? hahaha.. bercanda. Hal ini bukan berarti  ejekan tapi justru membuat awet baju batik anda.supaya menjaga supaya baju batik anda supaya tidak cepat rusak motifnya.

Nah, lega sudah penjelasannya. Sekarang untuk 9 Tips cara merawat batik ini akan saya lanjutkan penjelasannya ke dalam artikel kami selanjutnya yang berjudul "10 Tips Unik Cara Merawat Batik " . Semoga bermanfaat.

9 Tips Cara Merawat Batik

Sejarah Celana Jeans

Sejarah Celana Jeans

 

celana jeans, Gaya hidup, Perkembangan sejarah Celana Jeans, sejarah, Trend Center, Trend Fashion

 

Sejarah Celana Jeans

Tahukah anda sejarah celana jeans sepanjang sejarah mode style? Jika belum tahu mengenai sejarah celana jeans ini, maka artikel kami yang berjudul " Sejarah Celana Jeans " akan menyajikan informasi seputar perkembangan Sejarah Celana Jeans.

Jeans pertama kali dibuat di Genoa, Italia tahun 1560-an. Jeans biasa dipakai oleh angkatan laut. Celana yang biasa disebuat orang Perancis dengan “bleu de G√©nes“, yang berarti biru Genoa ini, meski pertama kali diproduksi dan dipakai di Eropa, tetapi sebagai fashion, jeans dipopulerkan di AS oleh Levi Strauss, pria yang mencoba mencari nasib baik ke San Francisco sebagai pedagang pakaian. Ketika itu, AS sedang dilanda demam emas.trans Alasan Mengapa Celana Jeans Ada Kantong Kecilnya

Akan tetapi, sampai di California semua barangnya habis terjual, kecuali sebuah tenda yang terbuat dari kain kanvas. Kain ini dipotongnya dan dibuatnya menjadi beberapa celana dan dijual kepada para pekerja tambang emas. Ternyata mereka menyukainya karena tahan lama dan tak mudah koyak. Kemudian Strauss menyempurnakan jeansnya dengan memesan bahan dari Genoa yang disebut “Genes”, yang oleh Strauss diubah menjadi “Blue Jeans“.

celana jeans, Gaya hidup, Perkembangan sejarah Celana Jeans, sejarah, Trend Center, Trend Fashion,

Akhirnya karena para penambang sangat menyukai jeans buatannya ini, mereka menobatkan celana ini sebagai celana resmi mereka. Para penambang emas itu menyebut celana Strauss dengan sebutan “those pants of Levi`s” atau “Celana Si Levi”. Sebutan inilah yang mengawali merek dagang pertama celana jeans pertama di dunia.

Naluri bisnis Strauss yang tajam membuatnya mengajak pengusaha sukses Jakob Davis untuk bekerja sama, dan pada tahun 1880 kerja sama itu melahirkan pabrik celana jeans pertama. Dan produk desain mereka yang pertama adalah “Levi’s 501“. Alasannya: Saku kecil di dalam saku depan sebelah kanan

Produk desain pertama memang dikhususkan bagi para penambang emas. Celana ini memiliki 5 saku, 2 di belakang dan 2 di depan, dan 1 saku kecil dalam saku depan sebelah kanan.Karena diperuntukkan bagi para penambang, saku ini tentu bukan untuk bergaya-ria. Tetapi saku imut-imut ini dirancang untuk menyimpan butiran-butiran emas yang berukuran kecil. Meski kini jeans diproduksi dalam berbagai merek dan bukan hanya untuk para penambang, tetapi saku imut-imut itu masih tetap ada. Tentu saja sekarang fungsinya sekarang tidak lagi digunakan sebagai tempat menyimpan butiran emas.

Nah, sekian dulu dari penjelasan kami mengenai sejarah celana jeans yang telah kami sajikan untuk anda semua, ya. Semoga artikel kami yang membahas seputar sejarah celana jeans dapat bermanfaat untuk anda semua.

Sejarah Celana Jeans

10 Tips Agar Cantik Saat Difoto

10 Tips Agar Cantik Saat Difoto

 

berpenampilan sederhana, Gaya hidup, tips, Tips agar cantik alami tanpa make up, Trend Center, Trend Fashion, Uniknya berpenampilan sederhana,

 

10 Tips Agar Cantik Saat Difoto

Kita sering merasa kesal ketika kita sedang berpoto ria ternyata hasilnya tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Nah, kali ini melalui artikel kami yang berjudul " 10 Tips agar cantik saat difoto " akan memberikan informasi menarik seputar tips agar cantik ketika anda hendak di foto. meskipun anda tak harus memakai make up atau berdandan ala selebrity.

10 Tips agar cantik saat difoto ini, kami ambil langsung dari beberapa media informasi lainnya yang membahas seputar 6 Tips agar cantik memikat salah satunya ketika di foto. Apa saja itu?

Nah, berikut ini merupakan penjelasan kami mengenai 10 tips agar cantik saat di foto,yakni:
  • Menghadap ke kanan
Sebuah penelitian AS yang dilakukan oleh Wake Forest University menemukan, sisi kiri wajah lebih menarik daripada yang kanan. Sepertinya, sisi kiri menunjukkan emosi yang lebih banyak.

Jadi, untuk mendapatkan foto wajah yang sempurna, menolehlah sedikit ke kanan untuk menunjukkan sisi “terbaik” kamu. Ini juga dapat membantu memberikan ilusi wajah lebih ramping bagi mereka yang memiliki wajah bulat.
  • Pilih riasan dengan hati-hati
Untuk penampilan sempurna yang siap-foto, pastikan kamu menghindari alas bedak yang memantul atau berbahan mineral yang mengandung titanium dioksida (pigmen reflektif) dalam jumlah tinggi. Meskipun
alas bedak baik untuk tampilan bercahaya sehari-hari, lampu kilat kamera dapat dengan cepat mengubah kulit berembun kamu menjadi pucat seperti hantu ketika cahaya putih memantul kembali dari kamera.Setelah kamu memakai alas bedak yang cocok, pulas wajahmu dengan bedak bubuk untuk membantu menghilangkan kemilaunya.
  • Tonjolkan fitur terbaik kamu
Untuk tampil penuh pesona dalam foto, pastikan kamu menegaskan fitur favoritmu untuk membuatnya terlihat menonjol dalam foto. Coba bermain dengan eyeliner atau bulu mata palsu. Atau, pulas bibirmu
dengan lipstik berwarna mencolok. Jangan lupa, tonjolkan bentuk terbaik tubuhmu dengan pakaian yang mendukung bentuk dan warna tubuh.
  • Jangan melihat ke arah lensa
Tidak ada yang mau matanya terlihat merah atau setengah tertutup karena akan merusak foto, jadi pastikan kamu menghindari hal tersebut dengan memfokuskan mata sedikit ke atas atau bawah lensa.Melihat langsung ke lensa dapat menyebabkan cahaya menyinari retina, yang dapat membuat efek mata merah atau red eye. Melihat sedikit menjauh dari kamera juga akan mengurangi risiko untuk setengah berkedip saat dipotret.
  • Hindari foto red eye
Mata Anda bisa terlihat merah karena pantulan cahaya dari belakang mata. Kamu yang memiliki pupil besar lebih rentan mendapatkan masalah tersebut. Jika mengalihkan pandangan dari kamera tidak berhasil, cara lain untuk mengurangi efek mata merah adalah pastikan foto di ambil dalam tempat yang cukup terang atau lihatlah cahaya yang terang sesaat sebelum melakukan pemotretan untuk membuat pupilmu mengecil.
  • Hindari terlihat memiliki dagu berlipat
Tidak ada yang lebih buruk dari melihat fotomu dengan dagu berlipat. Namun sayangnya hal ini sering terjadi pada kita. Untuk menghindari munculnya dagu berlipat dalam foto, pastikan bahwa kamera berada di atas atau sejajar dengan mata. Dan juga cobalah sedikit mendongakkan kepala dan tonjolkan sedikit rahang — kamu mungkin harus melatih ini terlebih dahulu di depan cermin agar tetap terlihat
alami!
  • Hindari cahaya langsung
Mungkin kita tidak bisa selalu dapat mengatur pencahayaan untuk pemotretan dan, kecuali kamu kebetulan menjadi model profesional, kemungkinan besar kamu tidak akan dibantu oleh seseorang untuk memastikan cahaya yang tepat dalam pemotretan. Namun, sangat penting untuk diingat bahwa cahaya langsung dari atas dapat menyebabkan bayangan pada wajah dan menonjolkan bayangan di bawah mata.Pilihlah tempat dengan pencahayaan lembut atau tempat yang teduh jika di luar ruangan.
  • Berpose seperti seorang profesional
Jika kamu berpose untuk foto badan secara keseluruhan, cobalah gaya klasik selebritas dengan membalikkan tubuhmu tiga perempat dari kamera, dengan satu bahu lebih dekat dengan kamera dan satu kaki di depan kaki yang lain. Ini akan membuat tubuhmu terlihat lebih langsing daripada jika kamu menghadap ke kamera secara langsung. Cobalah menjaga punggung tetap lurus dengan bahu ke belakang dan perut ditahan ke belakang (tapi jangan terlalu membusung karena akan terlihat dibuat-buat).
  • Kuasai senyum yang sempurna
Banyak dari kita yang fokus pada mulut ketika tersenyum, namun, meminjam istilah dari supermodel Tyra Banks, yang paling penting adalah "smize atau smiling with your eyes (tersenyum dengan mata).Daripada memaksa untuk tersenyum, pikirkan sesuatu yang membuat kamu bahagia untuk mendapatkan senyum yang lebih alami. Kamu juga mungkin ingin menyempurnakan senyummu sendiri agar menonjolkan kelebihanmu. Misalnya, senyum berseri akan terlihat sangat bagus untuk orang dengan gigi rapi, sementara setengah tersenyum yang lebih santai akan membuat mata kecil terlihat lebih besar dan bibir tampak lebih penuh.
  • Praktikkan posemu
Jika kamu benar-benar ingin menghasilkan foto yang sempurna, hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah berlatih terlebih dahulu. Berlatihlah dengan mimik wajah dan sudut tubuh, senyum dan ekspresi wajah yang berbeda untuk menemukan apa yang dapat membuatmu terlihat memesona, baik di depan cermin atau dengan kamera sendiri. Setelah kamu menemukan penampilan paling kamu sukai, kamu siap untuk menggunakan pose andalanmu tersebut di setiap kesempatan foto, pastikan kamu selalu terlihat sempurna.

Nah, untuk tips selanjutnya mengenai 10 tips agar cantik saat di foto lainnya, silahkan kunjungi artikel kami yang berjudul "Tips Agar Wajah Cantik, Sehat,dan Bersinar".

10 Tips Agar Cantik Saat Difoto

Macam - Macam Motif Batik

Macam - Macam Motif Batik

 

Macam - Macam Motif Batik, batik, batik indonesia, batik nusantara, Motif Batik dan Filosofi Batik, motif batik, sejarah, sejarah batik, sejarah batik nusantara, tentang Batik Indonesia,

 

Macam - Macam Motif Batik

Tahukah anda berapa macam motif batik itu? Dan apa sajakah nama dari motif - motif batik tersebut ? dan apakah filosofi dari macam - macam motif batik tersebut?

Sebelum membahas terlalu jauh mengenai macam - macam motif batik, tentu ada baiknya kita mengenal istilah batik itu sendiri. Batik merupakan salah satu warisan budaya indonesia yang perlu dilestarikan.

Karnea batik memiliki beberapa macam - macam motif batik yang cukup unik dan menampilkan berbagai karakter bangsa indonesia.

Macam-macam batik ini tentu memiliki filosofi tersendiri bagi pemakai busana batik loh. nah, berikut merupakan macam - macam motif batik tersebut, yaitu :
  1. Motif Truntum
  2. Motif Tambal
  3. Motif Pamiluto
  4. Motif Sidoluhur
  5. Motif Sido Wirasat
  6. Motif Wahyu Temurun
  7. Motif Cakar Ayam
  8. Motif Cuwiri
  9. Motif Grageh Waluh
  10. Motif Grompol
  11. Motif Kasatrian
  12. Motif Kawung Picis
  13. Motif Mega Mendung
  14. Motif Bango Tulak ( Bangun Tulak)
  15. Motif Gurda (Garuda)
  16. Motif Meru
  17. Motif Parang Curigo Ceplok Kepet
  18. Motif Parang Kusumo
  19. Motif Kawung
  20. Motif  Sidoluhur
  21. Motif Sidoasih 
  22. Motif Bondet
  23. Motif Sekar jagad
  24. Motif Sidomulyo 
  25. Motif Semen Rante 
  26. Motif Sidomukti
Berikut gambaran macam - macam motif batik, yakni :

Macam - Macam Motif Batik, batik, batik indonesia, batik nusantara, Motif Batik dan Filosofi Batik, motif batik, sejarah, sejarah batik, sejarah batik nusantara, tentang Batik Indonesia,

Macam - Macam Motif Batik, batik, batik indonesia, batik nusantara, Motif Batik dan Filosofi Batik, motif batik, sejarah, sejarah batik, sejarah batik nusantara, tentang Batik Indonesia,

Macam - Macam Motif Batik, batik, batik indonesia, batik nusantara, Motif Batik dan Filosofi Batik, motif batik, sejarah, sejarah batik, sejarah batik nusantara, tentang Batik Indonesia,


Macam - Macam Motif Batik, batik, batik indonesia, batik nusantara, Motif Batik dan Filosofi Batik, motif batik, sejarah, sejarah batik, sejarah batik nusantara, tentang Batik Indonesia,

Macam - Macam Motif Batik, batik, batik indonesia, batik nusantara, Motif Batik dan Filosofi Batik, motif batik, sejarah, sejarah batik, sejarah batik nusantara, tentang Batik Indonesia,

Macam - Macam Motif Batik, batik, batik indonesia, batik nusantara, Motif Batik dan Filosofi Batik, motif batik, sejarah, sejarah batik, sejarah batik nusantara, tentang Batik Indonesia,

Macam - Macam Motif Batik, batik, batik indonesia, batik nusantara, Motif Batik dan Filosofi Batik, motif batik, sejarah, sejarah batik, sejarah batik nusantara, tentang Batik Indonesia,



Macam - Macam Motif Batik, batik, batik indonesia, batik nusantara, Motif Batik dan Filosofi Batik, motif batik, sejarah, sejarah batik, sejarah batik nusantara, tentang Batik Indonesia,

Nah, untuk memahami mengenai filosofi batik, silahkan kunjungi artikel kami yang berjudul " Referensi motif batik beserta filosofinya " . Semoga bermanfaat

Macam - Macam Motif Batik

Lika- Liku Perjalanan Batik Indonesia

Lika- Liku Perjalanan Batik Indonesia

 

Lika- liku perjalanan batik, batik, batik indonesia, batik nusantara, sejarah batik nusantara, sekilas sejarah batik nusantara, tentang Batik Indonesia,

 

Lika- Liku Perjalanan Batik Indonesia

Dalam membahas batik indonesia kali ini, sebelumnya kita membahas fakta mengenai batik indonesia. Nah, untuk kali ini kita akan membahas lika-liku perjalanan batik sepanjang masa. Bagaimana kisahnya ? lanjutkan membacanya,ya gan.

Lika- liku perjalanan batik indonesia, tentu sangatlah panjang sehingga melekat di hati para pecinta batik. Berikut ceritanya. Sejarah pembatikan di Indonesia berkait erat dengan perkembangan kerajaan Majapahit dan penyebaran ajaran Islam di Tanah Jawa. Dalam beberapa catatan, pengembangan batik banyak dilakukan pada masa-masa kerajaan Mataram, kemudian pada masa kerjaan Solo dan Yogyakarta.

Jadi kesenian batik ini di Indonesia telah dikenal sejak zaman kerjaan Majapahit dan terus berkembang kepada kerajaan dan raja-raja berikutnya. Adapun mulai meluasnya kesenian batik ini menjadi milik rakyat Indonesia dan khususnya suku Jawa ialah setelah akhir abad ke-XVIII atau awal abad ke-XIX. Batik yang dihasilkan ialah semuanya batik tulis sampai awal abad ke-XX dan batik cap dikenal baru setelah perang dunia kesatu habis atau sekitar tahun 1920. Adapun kaitan dengan penyebaran ajaran Islam. Banyak daerah-daerah pusat perbatikan di Jawa adalah daerah-daerah santri dan kemudian Batik menjadi alat perjaungan ekonomi oleh tokoh-tokoh pedangan Muslim melawan perekonomian Belanda.

Kesenian batik adalah kesenian gambar di atas kain untuk pakaian yang menjadi salah satu kebudayaan keluaga raja-raja Indonesia zaman dulu. Awalnya batik dikerjakan hanya terbatas dalam kraton saja dan hasilnya untuk pakaian raja dan keluarga serta para pengikutnya. Oleh karena banyak dari pengikut raja yang tinggal diluar kraton, maka kesenian batik ini dibawa oleh mereka keluar kraton dan dikerjakan ditempatnya masing-masing.

Lama-lama kesenian batik ini ditiru oleh rakyat terdekat dan selanjutnya meluas menjadi pekerjaan kaum wanita dalam rumah tangganya untuk mengisi waktu senggang. Selanjutnya, batik yang tadinya hanya pakaian keluarga kraton, kemudian menjadi pakaian rakyat yang digemari, baik wanita maupun pria. Bahan kain putih yang dipergunakan waktu itu adalah hasil tenunan sendiri.

Sedang bahan-bahan pewarna yang dipakai tediri dari tumbuh-tumbuhan asli Indonesia yang dibuat sendiri antara lain dari: pohon mengkudu, tinggi, soga, nila, dan bahan sodanya dibuat dari soda abu, serta garamnya dibuat dari tanah lumpur.

Lika - liku perjalanan batik indonesia pada masa Majapahit
Batik yang telah menjadi kebudayaan di kerajaan Majahit, pat ditelusuri di daerah Mojokerto dan Tulung Agung. Mojoketo adalah daerah yang erat hubungannya dengan kerajaan Majapahit semasa dahulu dan asal nama Majokerto ada hubungannya dengan Majapahit. Kaitannya dengan perkembangan batik asal Majapahit berkembang di Tulung Agung adalah riwayat perkembangan pembatikan didaerah ini, dapat digali dari peninggalan di zaman kerajaan Majapahit. Pada waktu itu daerah Tulungagung yang sebagian terdiri dari rawa-rawa dalam sejarah terkenal dengan nama daerah Bonorowo, yang pada saat bekembangnya Majapahit daerah itu dikuasai oleh seorang yang benama Adipati Kalang, dan tidak mau tunduk kepada kerajaan Majapahit.

Diceritakan bahwa dalam aksi polisionil yang dilancarkan oleh Majapahati, Adipati Kalang tewas dalam pertempuran yang konon dikabarkan disekitar desa yang sekarang bernama Kalangbret. Demikianlah maka petugas-petugas tentara dan keluara kerajaan Majapahit yang menetap dan tinggal diwilayah Bonorowo atau yang sekarang bernama Tulungagung antara lain juga membawa kesenian membuat batik asli.

Daerah pembatikan sekarang di Mojokerto terdapat di Kwali, Mojosari, Betero dan Sidomulyo. Diluar daerah Kabupaten Mojokerto ialah di Jombang. Pada akhir abad ke-XIX ada beberapa orang kerajinan batik yang dikenal di Mojokerto, bahan-bahan yang dipakai waktu itu kain putih yang ditenun sendiri dan obat-obat batik dari soga jambal, mengkudu, nila tom, tinggi dan sebagainya.

Obat-obat luar negeri baru dikenal sesudah perang dunia kesatu yang dijual oleh pedagang-pedagang Cina di Mojokerto. Batik cap dikenal bersamaan dengan masuknya obat-obat batik dari luar negeri. Cap dibuat di Bangil dan pengusaha-pengusaha batik Mojokerto dapat membelinya dipasar Porong Sidoarjo, Pasar Porong ini sebelum krisis ekonomi dunia dikenal sebagai pasar yang ramai, dimana hasil-hasil produksi batik Kedungcangkring dan Jetis Sidoarjo banyak dijual. Waktu krisis ekonomi, pengusaha batik Mojoketo ikut lumpuh, karena pengusaha-pengusaha kebanyakan kecil usahanya. Sesudah krisis kegiatan pembatikan timbul kembali sampai Jepang masuk ke Indonesia, dan waktu pendudukan Jepang kegiatan pembatikan lumpuh lagi. Kegiatan pembatikan muncul lagi sesudah revolusi dimana Mojokerto sudah menjadi daerah pendudukan.

Ciri khas dari batik Kalangbret dari Mojokerto adalah hampir sama dengan batik-batik keluaran Yogyakarta, yaitu dasarnya putih dan warna coraknya coklat muda dan biru tua. Yang dikenal sejak lebih dari seabad yang lalu tempat pembatikan didesa Majan dan Simo. Desa ini juga mempunyai riwayat sebagai peninggalan dari zaman peperangan Pangeran Diponegoro tahun 1825.

Meskipun pembatikan dikenal sejak jaman Majapahait namun perkembangan batik mulai menyebar sejak pesat didaerah Jawa Tengah Surakarta dan Yogyakata, pada jaman kerajaan di daerah ini. Hal itu tampak bahwa perkembangan batik di Mojokerto dan Tulung Agung berikutnya lebih dipenagruhi corak batik Solo dan Yogyakarta.

Warna babaran batik Majan dan Simo adalah unik karena warna babarannya merah menyala (dari kulit mengkudu) dan warna lainnya dari tom. Sebagai batik setra sejak dahulu kala terkenal juga didaerah desa Sembung, yang para pengusaha batik kebanyakan berasal dari Sala yang datang di Tulungagung pada akhir abad ke-XIX. Hanya sekarang masih terdapat beberapa keluarga pembatikan dari Sala yang menetap didaerah Sembung. Selain dari tempat-tempat tesebut juga terdapat daerah pembatikan di Trenggalek dan juga ada beberapa di Kediri, tetapi sifat pembatikan sebagian kerajinan rumah tangga dan babarannya batik tulis.

Lika - liku perjalanan batik indonesia pada jaman Penyebaran Islam
Riwayat pembatikan di daerah Jawa Timur lainnya adalah di Ponorogo, yang kisahnya berkaitan dengan penyebaran ajaran Islam di daerah ini. Riwayat Batik. Disebutkan masalah seni batik didaerah Ponorogo erat hubungannya dengan perkembangan agama Islam dan kerajaan-kerajaan dahulu. Konon, di daerah Batoro Katong, ada seorang keturunan dari kerajaan Majapahit yang namanya Raden Katong adik dari Raden Patah. Batoro Katong inilah yang membawa agama Islam ke Ponorogo dan petilasan yang ada sekarang ialah sebuah mesjid didaerah Patihan Wetan.

Perkembangan selanjutanya, di Ponorogo, di daerah Tegalsari ada sebuah pesantren yang diasuh Kyai Hasan Basri atau yang dikenal dengan sebutan Kyai Agung Tegalsari. Pesantren Tegalsari ini selain mengajarkan agama Islam juga mengajarkan ilmu ketatanegaraan, ilmu perang dan kesusasteraan. Seorang murid yang terkenal dari Tegalsari dibidang sastra ialah Raden Ronggowarsito. Kyai Hasan Basri ini diambil menjadi menantu oleh raja Kraton Solo.

Waktu itu seni batik baru terbatas dalam lingkungan kraton. Oleh karena putri keraton Solo menjadi istri Kyai Hasan Basri maka dibawalah ke Tegalsari dan diikuti oleh pengiring-pengiringnya. disamping itu banyak pula keluarga kraton Solo belajar dipesantren ini. Peristiwa inilah yang membawa seni bafik keluar dari kraton menuju ke Ponorogo. Pemuda-pemudi yang dididik di Tegalsari ini kalau sudah keluar, dalam masyarakat akan menyumbangkan dharma batiknya dalam bidang-bidang kepamongan dan agama.

Daerah perbatikan lama yang bisa kita lihat sekarang ialah daerah Kauman yaitu Kepatihan Wetan sekarang dan dari sini meluas ke desa-desa Ronowijoyo, Mangunsuman, Kertosari, Setono, Cokromenggalan, Kadipaten, Nologaten, Bangunsari, Cekok, Banyudono dan Ngunut. Waktu itu obat-obat yang dipakai dalam pembatikan ialah buatan dalam negeri sendiri dari kayu-kayuan antara lain; pohon tom, mengkudu, kayu tinggi. Sedangkan bahan kainputihnyajugamemakai buatan sendiri dari tenunan gendong. Kain putih import bam dikenal di Indonesia kira-kira akhir abad ke-19.

Pembuatan batik cap di Ponorogo baru dikenal setelah perang dunia pertama yang dibawa oleh seorang Cina bernama Kwee Seng dari Banyumas. Daerah Ponorogo awal abad ke-20 terkenal batiknya dalam pewarnaan nila yang tidak luntur dan itulah sebabnya pengusaha-pengusaha batik dari Banyumas dan Solo banyak memberikan pekerjaan kepada pengusaha-pengusaha batik di Ponorogo. Akibat dikenalnya batik cap maka produksi Ponorogo setelah perang dunia petama sampai pecahnya perang dunia kedua terkenal dengan batik kasarnya yaitu batik cap mori biru. Pasaran batik cap kasar Ponorogo kemudian terkenal seluruh Indonesia.

Untuk kelanjutan mengenai lika -liku perjalanan batik indonesia, anda bisa kunjungi artikel kami yang berjudul " Perkembangan batik Indonesia " semoga bermanfaat

Lika- Liku Perjalanan Batik

Menjadi seorang trend center

Menjadi seorang trend center

 

10 Tips Untuk Menjadi Trend Center, Dunia fashion, fashion, Gaya hidup, tips, Trend Center, Menjadi seorang trend center

 

Menjadi seorang trend center

Menjadi seorang trend center memang bukanlah sesuatu hal yang sukar lagi, mengingat trend fashion kini makin merebak dan selalu mengalami perkembangan yang cukup pesat, tentu semakin banyak referensi yang merebak untuk menjadi salah satu trend center.

Namun, kita sadar bahwa banyak sekali orang ingin menjadi seorang trend center atau sebutan lainnya menjadi perhatian setiap orang yang memandangnya. Sehingga banyak orang yang mengikuti trend fashion masa dari masa ke masa, tapi banyak pula dari kita yang sering ingin menjadi trend center. Trend center disini bukan berati anda mendunia langsung dengan fashion yang anda buat atau anda kenakan secara langsung. Tapi lebih dari beberapa orang disekitar anda mengikuti cara anda berbusana karena keunikan busana anda dan style anda.

Untuk menjadi trend center tidaklah harus mahal, karena anda hanya harus mengerti apa itu color matching, dan style sesuai dengan usia dan kegiatan yang anda lakukan. Untuk bisa melakukan itu anda tidaklah harus membeli baju baru atau celana baru, yang harus anda lakukan hanyalah mengkombinasikannya sehingga enak dilihat dan nyaman saat beraktivitas.

Untuk itulah mengapa saya memberikan informasi seputar mengenai tips menjadi trend center. penasaran apa saja tips yang akan kami berikan?, lanjutkan membaca dengan geser ke bawah sedikit,ya.

Berikut tips untuk menjadi seorang trend center tersebut, yakni :
  • Ketahuilah soal diri anda, tentukan kepribadian anda sehingga saat anda mengenakan busana yg anda pakai, anda memiliki rasa percaya diri dan tidak canggung saat bertemu dengan orang lain. Hal ini penting karena saat anda berbusana jika tidak dibarengi dengan pembawaan busana anda, anda akan merasa terlihat aneh dan karena merasa terlihat aneh maka anda akan bersikap aneh/ tidak percaya diri, karena sikap anda maka orang-orang disekitar anda juga akan melihat itu sebagai hal yang aneh.
  • Tetap percaya diri dan katakan apa yang anda pakai itu keren meski orang berkata itu aneh dan katakan ini adalah trend. Mengapa saya berkata seperti itu? Sekarang saya jelaskan secara singkat, jika anda pikir trend kalung koin kuno apa sih bagusnya? Dan diawal orang memakainya orang mesti berfikir orang aneh koin saja dipakai kalung. Begitu juga jeans sobek-sobek diawalnya juga orang pasti mengejek tidak bisa beli jeans baru, ya? Tapi sekarang banyak orang yang sengaja merobeknya.
  • Tetap cuek dan katakan ini trend masa depan kalo anda diejek dengan penampilan anda
  • Jadilah diri anda sendiri. Untuk apa menjadi trend akan tetapi diri anda merasa tidak nyaman sementara diri anda sendiri adalah sumber kreativitas fashion yang tidak terbatas.
  • Berbusanalah sesuai dengan usia anda saat ini. Berpakaianlah sesuai dengan kepribadian dan usia anda serta padukan dengan accesoris yang mempertajam kepribadian yang anda miliki.
  • Sesuaikan busana anda dengan tempat dan aktivitas yang anda jalani. Hal tersebut penting. Karena jika anda ke pantai dengan busana kaku maka anda tentu akan tidak nyaman dan di tertawakan.
  • Jangan berlebihan dalam mempergunakan accesoris. Penggunaan accesoris yang berlebihan akan memberikan efek aneh, memang anda akan terlihat mencolok, tetapi mencolok sebagai bahan yang ditertawakan.
  • Jangan tanggung dalam berpakaian. Hal itu penting karena jika anda tanggung dalam berpakaian maka akan timbul kesan aneh. Bila mau aneh yah sekalian aja aneh, bila mau warna baju accesoris dan bawahan bertabrakan sekalian aja bertabrakan tetapi jangan lupa anda harus memperhatikan model yg anda pergunakan terlihat unik atau aneh.
  • Jadilah seseorang yang unik, bukan yang aneh! Unik berarti sesuatu yang dibuat sedemikian rupa sehingga warna mode, dan design yang anda pergunakan enak dilihat, sementara aneh sama sekali tidak enak dilihat. Sebagai contoh fashion pelawak-pelawak yang aneh dan membuat anda tertawa, guys.
  • Perbanyaklah melihat fashion - fashion yang ada di masa lampau hingga masa kini sehingga anda semakin mengerti bagaimana memadu padankan pakaian dan accesoris dengan benar dan nyaman saat dipergunakan.
Yah, saya rasa itulah tips - tips menjadi trend center menurut kami yang telah kami kemas kedalam artikel kami yang berjudul " Tips Menjadi Trend Center " semoga menjadi hal yang bermanfaat bagi anda.

Menjadi seorang trend center